I Love Burt – Jastip merupakan singkatan dari layanan informal yang dipercayakan atau layanan yang menawarkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan atau ingin membeli sesuatu tetapi tidak dapat pergi ke mana mereka ingin membeli sendiri karena berbagai alasan. Artikel ini ingin membahas apa itu bisnis jasa titip dan cara kerjanya.

Awalnya, Jastip banyak digunakan orang untuk membeli barang dari luar negeri, namun seiring perkembangannya jastip juga sering digunakan untuk membeli barang di dalam negeri.

Banyak yang bilang bisnis jastip merupakan bisnis yang menjanjikan bukan hanya karena saat ini sedang hits di masyarakat. Namun untuk memulai bisnisnya juga tidak membutuhkan modal. Jika Anda memiliki smartphone dan internet, sudah pasti Anda bisa memulai bisnis jastip.

Anda hanya perlu membeli barang yang telah disimpan, dan mereka akan memberikan tip sebagai pembayaran untuk layanan.

Umumnya barang paling laris yang dicari orang adalah perawatan kulit, kosmetik, tas, aksesoris, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan mainan anak.

Tips memulai bisnis jasa titip

dengan mengidentifikasi pasar sasaran yang ingin Anda targetkan. Target pasar ini penting untuk memudahkan Anda nantinya dalam mempromosikan jasa titipan barang ini. Misalnya yang menjadi incaran anak muda yang barang-barangnya biasa mereka cari adalah jajanan yang hanya tersedia di negara tertentu, produk perawatan wajah, CD musisi favorit yang tidak dirilis di Indonesia, berbagai macam pernak pernik yang lucu dan unik.

Bisa juga menyasar ibu-ibu sosialita yang suka mengoleksi tas bermerek, parfum, dan produk fesyen lain yang tidak ada di Indonesia.

Anda bisa menggunakan media sosial atau membuat website sendiri untuk mempromosikan bisnis yang Anda jalankan.

Anda juga bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui media sosial untuk menentukan barang apa yang ingin Anda beli, berapa harganya, hingga hal-hal teknis seperti cara pengiriman barang, pembayaran, dan lain sebagainya.

Untuk bisnis jasa titipan, biasanya pelanggan akan meminta jastip untuk membeli barang tertentu (sesuai target pasar jastip), dan pemilik jastip akan mencatat barang yang dipesan pelanggan.

Biasanya barang baru dibayar setelah barang sudah dibeli kemudian harganya diubah dari nilai tukar mata uang negara yang dikunjungi ke rupiah. Pelanggan tidak perlu membayar ongkos kirim, tapi ongkos kirim lokal ditanggung pelanggan, kalau sudah dekat bisa juga COD. 

Risiko kerugian biasanya terjadi akibat penurunan nilai kurs mata uang asing terhadap nilai mata uang rupiah saat pelanggan membayar barang dibandingkan saat menukarkan uang ke mata uang asing negara tujuan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memutuskan apakah ingin menggunakan nilai mata uang yang berlaku saat membeli barang, atau saat pembayaran dilakukan oleh pelanggan karena fluktuasi mata uang asing berubah setiap hari.

Anda juga bisa mengurangi risiko kerugian dengan menaikkan harga barang yang dipercayakan ke harga sebenarnya.

Membangun bisnis jastip online yang menguntungkan adalah dengan melakukan promosi yang tentunya dilakukan secara online. Anda dapat membangun situs web jika bisnis Anda berkembang pesat.

Namun untuk memulainya, Anda bisa melakukan promosi mulai dari menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang paling menjanjikan dan menguntungkan untuk promosi bisnis online adalah Instagram.

Buat akun bisnis untuk jasa titip yang dibangun. Dengan akun bisnis, Anda akan mendapatkan lebih banyak fitur yang akan mendukung Anda untuk memantau bisnis Anda, salah satunya adalah fitur wawasan. Dengan fasilitas ini, Anda bisa melihat engagement pada setiap postingan yang Anda buat, guna mengukur kemajuan bisnis Anda.

Membangun bisnis jasa titip terasa lebih cocok bagi orang yang sering plesiran keluar negeri, dan ingin membuat perjalanannya terasa lebih ekonomis dan menghasilkan. Berminat mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *