iLoveburt – Tanpa oli mesin yang sehat, mesin mobil kesayangan kita nggak bakal bekerja dengan baik. Begitu bunyi salah satu rumus perawatan mobil.

Sederhananya, kita selalu dikasih pengetahuan, bahwa oli mesin punya peran penting bagi mesin mobil itu sendiri. Tanpa oli mesin yang bersih, mesin nggak bisa didinginkan dengan baik.

Kalau sampai mobil kesayangan kita bekerja tanpa oli mesin yang baik, dijamin mobil kita bakal rawan kerusakan.

Karena alasan itu kebanyakan pihak bengkel mobil selalu menyarankan penggantian oli setiap servis berkala 10,000 kilometer.

Tapi kadang ketika servis, kita sering luput memperhatikan bagian lain yang juga butuh diganti, misalnya filter oli mesin.

Berani taruhan, kebanyakan dari kita jarang meminta mekanik mengganti filter oli setiap kali kita membawa mobil ke bengkel resmi. Tapi memangnya wajib ya mengganti filter oli?

Filter oli harus dalam keadaan prima

Sebetulnya oli mesin yang sering kita pakai merupakan cairan yang rawan terkena kontaminasi kotoran, apalagi kalau mobil kesayangan kita sudah berusia tahunan.

Anggaplah kita sering mengganti oli mesin, maka pasti ada jejak kotoran yang tertinggal di penampung oli. Nah, kalau sampai oli terpapar kotoran, otomatis mesin mobil kita rawan masalah. Dari ngadat sampai batuk-batuk, keduanya jadi contoh masalah mesin mobil yang mungkin muncul ketika seseorang abai akan kebersihan oli mesin.

Nah, di titik itu keberadaan oli mesin jadi penting. Setidaknya ada 3 fungsi utama filter oli bagi kesehatan mesin:

Aliran oli di dalam mesin mobil seharusnya tidak tersendat oleh kotoran. Di titik ini pemilik kendaraan seharusnya menyadari peran penting filter oli dalam membebaskan bagian dalam mesin dari kotoran dan segala macam material yang membuat mesin jadi bekerja tidak maksimal.

Filter oli pada dasarnya adalah bagian dari perawatan mesin mobil. Kalau sampai rusak atau tidak dalam keadaan prima, dipastikan semua kotoran bakal masuk ke dalam mesin.

Filter oli pada dasarnya adalah alat penyaring. Fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dan material agar tidak masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Kalau penyaring kotoran bekerja dengan baik, otomatis mesin akan jadi lebih bersih dan lebih pada gilirannya performa mobil bisa tetap mulus.

Yang sering saya lakukan untuk merawat filter oli

Merawat filter oli sebetulnya nggak susah-susah amat. Cuma memang dibutuhkan sedikit perhatian. Misalnya begini:

Saya bukan tipikal orang yang berbakat membongkar mesin, jadinya yang bisa saya lakukan adalah meningatkan mekanik bengkel untuk membersihkan bagian penyaring oli.

Itu saya lakukan tiap kali membawa mobil ke bengkel untuk servis rutin di luar ganti oli. Tujuannya cuma satu: supaya filter oli tetap dalam keadaan baik dan mampu menyaring kotoran dengan baik pula.

Saya biasanya meminta mekanik bengkel mengganti filter oli bersamaan dengan penggantian oli mobil dengan yang baru.

Alasannya sederhana, supaya tidak ada jejak kotoran pada oli lama yang mungkin tertinggal di filter.

Ganti filter oli dengan paket servis di dealer resmi

Zaman sekarang apa saja dimudahkan, termasuk beli paket servis kendaraan di dealer resmi online Kalla Toyota.

Dealer resmi yang dimaksud di atas merupakan bagian dari Toyota Official Store Solution. Ini merupakan solusi e-commerce dari Toyota yang membantu kamu memesan paket servis, sparepart bahkan mobil baru Toyota secara online, lewat dealer-dealer Toyota di kota-kota besar di Indonesia.

Buat yang belum tahu, Toyota Official Store Solution merupakan solusi ecommerce yang dikhususkan untuk produk-produk Toyota.

Di situ kamu bisa berbelanja kebutuhan berkendara di sejumlah dealer online resmi Toyota yang ada di Jabodetabek, Makassar, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan di daerah-daerah lain.

Dengan keberadaan TOSS, beli berbagai macam kebutuhan mobil Toyota kini semakin mudah, termasuk ganti oli, ganti filter oli, maupun membeli sparepart kendaraan yang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *