I Love Burt – Bagian kabin mobil baru termasuk area yang tertutup dalam mobil.

Oleh karena itu menjaga kabin mobil dalam kondisi bersih merupakan hal penting, demi mencegah datangnya kuman dan penyakit. Bahkan penularan virus disekitar kita dapat tersebar melalui partikel kecil di udara.

Seperti pada bagian AC mobil dengan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan dihembuskan kembali melalui celah AC di dashboard. Jadi, menjaga Kebersihan Kabin Mobil dan AC di mobil harus rutin dilakukan.

Tips menjaga kebersihan kabin mobil baru

Apalagi pada masa transisi new normal ini, beberapa orang sudah melakukan aktivitas menggunakan mobil seperti biasa.

Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kabin mobil tetap bersih, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Bersihkan kokpit mobil dengan sekesama

Setiap pagi, disarankan agar selalu bersihkan area kokpit mobil, seperti dashboard, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior ramah lingkungan yang bisa anda dapatkan di bengkel terdekat.

Bersihkan juga lantai dan karpet di bagian depan penumpang karena udara dari area tersebut dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

  1. Buka jendela secara berkala

Untuk meminimalisir kotoran dalam mobil, anda bisa membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam agar udara di dalam kabin dapat bersirkulasi dengan udara di luar. Bisa juga menggunakan tombol sirkulasi pada panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

  1. Jaga kebersihan filter AC

Banyak pemilik mobil yang belum mengetahui keberadaan filter kabin AC. Perlu diketahui bahwa filter ini berfungsi membersihkan udara di kabin yang nantinya akan didinginkan.

Apabila bagian ini kotor, maka kotoran tersebut akan terbawa ke sistem AC dan terhembus kembali ke dalam kabin.

Yang perlu dilakukan

Sistem pendingin yang bersih akan menjaga udara di dalam kabin tetap bersih. Seperti asap rokok dan partikel debu dari luar dapat memperpendek umur filter AC.

Akibatnya, sirkulasi udara menjadi tidak sehat karena filter AC tidak mampu menyaring kotoran dengan baik

  1. Bersihkan evaporator sekinclong mungkin

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari kabin untuk dihembuskan kembali melalui celah AC.

Pipa evaporator ini termasuk bagian yang rawan bakteri, jamur dan virus, disebabkan adanya kelembapan dan kotoran, apalagi jika memang jarang diganti.

  1. Rutin membersihkan kabin

Pastinya di kabin dalam mobil, terdapat flek, noda dan debu terus menempel.

Misalnya pada bagian bawah jok, mulai dari rel jok, celah pintu, door trim, plafon mobil, kolong mobil, hingga beberapa titik pada mesin. Untuk membersihkan bagian ini, dibutuhkan tenaga ekstra.

Sehingga banyak orang yang menghindarinya atau malas melakukannya, karena jika terus terkena noda dalam waktu yang lama.

Selain sulit dihilangkan, kemungkinan juga akan menimbulkan masalah lain yang lebih parah yaitu korosi atau karat. Kotorannya menumpuk, jadi sebelumnya terlalu banyak. 

Bagian tersebut sulit dibersihkan, namun jika tidak segera dilakukan tindakan, noda akan sulit dihilangkan, hanya disamarkan. Lalu, noda keringat yang biasanya tertinggal di trim pintu dan dashboard, seperti bercak putih.

Ini terlihat dengan mata, tapi sebenarnya banyak kotoran. Kebanyakan dari mereka berada di sela-sela pintu, bahkan seringkali berkerak.

Sederhananya, membersihkan kabin mobil baru memerlukan kerja ekstra keras. Apakah Anda siap? Kalau sudah siap, minimal Anda bisa melakukannya 2 minggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *